Distributor Sensor Getaran

Alat sensor getaran adalah merupakan alat penting digunakan untuk keperluan tertentu dalam segala bidang tak terkecuali bidang kesehatan.  Dalam mendapatkan alat sensor getaran ini tentunya Anda bisa mendapatkannya di distributor sensor getaran  terpercaya.

Sebelum menghubungi distributornya, Anda perlu tahu apa sebenarnya sensor getaran dan jenis-jenis alatnya. Simak informasinya berikut ini.

Apa Itu Sensor Getaran?

Sensor getaran adalah sebutan untuk alat ukur yang digunakan dalam mengukur getaran suatu benda. Di mana data hasilnya digunakan untuk kepentingan pada sebuah uji percobaan atau digunakan untuk melakukan antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

Alat sensor getaran ini disebut juga sebagai sensor piezoelektrik. Alat  sensor ini sangat fleksibel untuk digunakan dalam mengukur berbagai proses.

Alat ini menggunakan efek piezoelektrik bersamaan dengan mengukur perubahan dalam akselerasi, tekanan, serta suhu dengan mengubah muatan listrik.

Bagaimana dengan Cara Kerjanya?

Alat sensor getaran ini memiliki cara kerja yang berdasarkan pada berbagai jenis optik, di mana mekanisme konsep kerja dilakukan dengan pengenalan terhadap sistem getaran yang  telah selesai dilaksanakan penilaian atau pengamatan.

Biasanya ukuran sensitivitas sensor ini berkisar pada angka 10 mV/g hingga 100 mV/g serta  adapun sensitivitas yang lebih rendah dan lebih tinggi dari angka tersebut yang dapat diakses.

Sensitivitas sensor dapat Anda pilih sesuai dengan aplikasinya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui tingkat angka rata-rata amplitudo getaran dari hasil ungkapan pada seluruh pengukuran alat sensor.

Jenis-jenis Alat Sensor Getaran 

Ada ragam jenis alat sensor getaran yang bisa Anda  temukan sesuai dengan fungsi dan dan kegunaannya. Di bawah ini adalah jenis-jenis alat sensor getaran yang bisa  Anda temukan dan gunakan.

Accelerometer Sensor

Accelerometer sensor merupakan  salah  satu jenis alat sensor getaran yang paling umum digunakan untuk kepentingan sebuah perusahaan maupun dalam ilmu pengetahuan. Sensor ini digunakan untuk melakukan pengukuran pada getaran dan style kejut.

Kegunaan alat sensor ini adalah sebagai alat ukur getaran pada mesin dengan melakukan pengukuran pada kecepatannya.

Sensor pada Accelerometer digunakan dalam mengukur vibrasi pada mobil, melakukan instalasi keamanan serta mesin pada bangunan, bahkan digunakan pula untuk melakukan pengukuran pada kejadian gempa bumi.

Alat ini akan bekerja dengan menggunakan  beberapa elemen dalam melakukan pengukuran pada vibrasi atau kapasitas, ketahanan,  piezoelektrik, perubahan induksi pada magnet dan suhu panas.

Strain Sensor

Strain sensor adalah alat yang digunakan sebagai alat pengukur regangan dan tegangan pada komponen mesin. 

Strain sensor atau strain gauge adalah alat sensor yang resistansinya bervariasi dengan gaya yang diberikan, di mana ini mengubah gaya tekanan, ketegangan, berat dan lainnya.

Saat kekuatan eksternal diterapkan pada objek stasioner  maka hasilnya adalah tegangan dan regangan.

Ketika tegangan diterapkan pada kawat logam, panjang kawat akan meningkat dan diameternya berkurang yang mana ini akan mengubah resistansi kawat dan memberikan pengukuran tegangan pada komponen mesin.

Sensor ini biasanya dikerjakan pada permukaan meliuk dan saat massa dan ukuran relevan, alat ini membutuhkan regangan data.

Velocity Sensor

Velocity sensor merupakan alat sensor yang memiliki fungsi dalam melakukan pengukuran terhadap getaran suatu mesin atau alat  dengan kecepatan sebagai pengukuran pada parameternya.

Cara menggunakan velocity sensor sangatlah mudah yakni dengan menempelkan ujung sensor pada benda yang dilakukan pengukuran.

Alat Velocity Sensor bekerja dengan berdasarkan hukum fisika, yakni jika suatu kumparan atau konduktor berada di sekeliling medan magnet dan konduktor  tersebut bergerak pada magnet dan sebaliknya, maka hal tersebut dapat menghasilkan tegangan induksi pada konduktor itu.

Transduser akan bergetar  jika meletakkannya pada mesin yang sedang bergetar. Dengan ini kumparan dapat  di alat ikut bergerak terhadap medan magnet dan akan menghasilkan kumparan selayak listrik yang muncul di ujung  kawat.

Di mana sinyal listrik pada transduser akan diolah untuk mencari nilai dari getarannya.

Umumnya sensor ini digunakan pada permukaan meliuk. Alat ini membutuhkan regangan data di saat massa dan ukuran relevan.

Gyroscope Sensor

Gyroscope sensor adalah perangkat yang digunakan untuk melakukan pengukuran atau mempertahankan orientasi dengan menggunakan prinsip ketetapan momentum sudut. Alat Gyroscope Sensor bekerja dengan perangkat Accelerometer.

Sebagai gambaran kinerja gyroscope bisa Anda lihat pada pengambilan gambar dengan bantuan drone, kestabilan hasil gambar ini dikarenakan peran gyroscope ini.

Pressure or Microphone Sensor

Sensor microphone atau sensor suara adalah alat yang dapat mengubah gelombang sinusoidal suara menjadi gelombang sinus energi listrik. 

Sensor ini dapat digunakan dalam menghantarkan listrik berdasarkan pendeteksian suara dalam menghidupkan perangkat yang dihubungkan.

Umumnya, sensor-sensor ini digunakan untuk pengawasan kesehatan serta frekuensi getaran.

Laser Displacement Sensor

Sensor ini dipakai untuk hitung peralihan lurus tanpa ada mengganti produk atau susunan.

Proximity pada alat laser displacement sensor menggunakan efek Eddy Current dengan melakukan injeksi gelombang sinusoidal yang memiliki frekuensi tinggi lebih kurang dari angka 3 MHz sebagai carrier atau gelombang pembawa.

Alat sensor ini menggunakan oscillator yang berfungsi dalam melakukan pemisahan pada gelombang pembawa dengan gelombang getaran yang sedang melakukan pengukuran.

Nantinya gelombang getaran ini akan dikirim menuju ke indicator, alat perekam, serta pada layar monitor.

Capacitive Displacement or Eddy Current

Sensor capacitive displacement atau sensor eddy current  adalah alat sensor yang digunakan untuk menghitung peralihan lurus tanpa adanya pengganti produk atau susunan.

Jenis sensor getaran ini merupakan perangkat non-kontak yang mengukur posisi dan / atau perubahan posisi komponen konduktif. 

Alat Sensor  ini bekerja dengan medan magnet serta memiliki probe yang menciptakan arus bolak-balik di ujung probe. Arus inilah yang menciptakan arus kecil pada komponen yang dipantau atau disebut dengan arus eddy. Sensor ini meninjau interaksi dua medan magnet.

Hasil dari alat sensor saat interaksi medan berubah menghasilkan tegangan yang sebanding dengan perubahan interaksi keduanya.

Jika menggunakan alat sensor Eddy-Current maka komponen harus tiga kali lebih besar dari diameter sensor agar dapat operasi normal. Jika tidak maka kalibrasi lanjutan akan diperlukan.

Demikianlah 7 jenis alat sensor  getaran yang bisa Anda temukan dan pergunakan sesuai dengan kebutuhan dan kegunaan di berbagai bidang

Distributor Sensor Getaran

Jika Anda membutuhkan berbagai jenis alat sensor getaran Anda bisa mendapatkannya di distributor sensor getaran.

Di distributor ini Anda bisa mendapatkan jenis sensor getaran yang sesuai dengan kebutuhan dan keperluan Anda sendiri.

Dengan penjelasan terkait berbagai jenis alat distributor di atas Anda bisa tahu mana jenis alat yang Anda butuhkan.

Sebelum Anda menghubungi distributor sensor, maka Anda perlu tahu lebih dahulu bagaimana cara memilih jenis sensor getaran yang tepat.

Dalam memilih sensor getaran Anda harus mempertimbangkan setidaknya 3 faktor diantaranya Rentang dan akurasi, kondisi lingkungan dan bentuk permukaan pengukur. 

Dengan demikian Anda bisa memilih alat sensor getaran yang tepat  dan sesuai dan Anda bisa langsung menghubungi distributor  sensor getaran yang terpercaya dan pastikan memiliki produk yang berkualitas.