Distributor Alat Ukur Torsi

Dalam kehidupan sehari-hari, torsi bisa kita temukan dalam banyak hal, mulai dari hal paling sederhana hingga di bidang industri. Dengan demikianlah alat ukur torsi sangat penting untuk dimiliki. Tetapi, sebelum Anda mendapatkannya, pahami dahulu penjelasan lengkap mengenai distributor alat ukur torsi disini.

Apa Itu Torsi dan Alat Ukur Torsi?

Torsi adalah suatu gerakan berupa sebuah dorongan yang terjadi di antara piston dan poros engkol. Terjadinya dorongan pada kedua bagian tersebut maka akan menghasilkan sebuah gerakan perputaran yang disebut dengan torsi.

Sedangkan alat ukur torsi adalah alat untuk mengukur torsi atau lebih jelasnya adalah alat pengukur torsi yang digunakan pada alat pemutar sekrup. 

Pengertian lainnya alat ukur torsi merupakan alat yang didesain untuk mengukur seberapa besar gaya puntir yang terjadi saat melakukan pengujian alat benda atau momen benda.

Torsi yang ada pada alat pemutar sekrup perlu dibatasi sehingga ulir pada sekrup tidak aus akibat pemakaian torsi yang berlebihan.

Bentuk lain dari alat ukur torsi meter adalah torque wrench atau kunci momen dimana alat ini selain digunakan untuk mengencangkan baut dan mur, alat ini juga digunakan untuk mengukur kekencangan baut atau mur, sehingga Anda dapat mengetahui nilai kekencangan yang tepat pada baut dan mur.

Penggunaan Alat Torsi Meter

Torsi tester atau alat pengukur torsi adalah alat yang digunakan pada peralatan kontrol kualitas dan menguji atau mengkalibrasi alat-alat kontrol torsi.

Alat-alat kontrol torsi ini di antaranya kunci pas elektronik, kunci pas dial, kunci pas klik, obeng torsi, obeng listrik, obeng angin, obeng DC dan nutrunner.

Alat torsi meter memiliki kecanggihan dalam kemampuan mengukur searah putaran jarum jam dan berlawanan arah, melakukan konversi ke 8 jenis satuan ukur ( di antaranya Newton metre, cm, Kg Cm, g Cm, Kg fm atau Foot-pound force, Nm atau In Oz, In Lb, Ft Lb).

Selain itu dapat melakukan 3 mode pengoperasian (Peak, Peak pertama, Track) dan semua yang termasuk pada sertifikat NIST—national  institute of Standards and Technology.

Komponen Alat Torsi Meter

Di dalam alat torsi meter terdapat beberapa komponen yang mendukung fungsi guna alat torsi meter di antaranya sebagai berikut:

Transducer

Komponen pertama yang ada pada alat torsi meter adalah transducer torsi.  Transducer torsi atau dikenal juga sebagai sel beban. Komponen ini merupakan alat elektronik yang memiliki fungsi untuk mengubah gaya menjadi sinyal listrik.

Proses perubahan ini tentunya tidak terjadi secara langsung, melainkan terjadi dalam dua tahapan. Gaya yang dikenali mengubah bentuk saring pengukur melalui pengaturan mekanis. Saring pengukur akan melakukan konversi perubahan untuk menjadi sinyal listrik.

Sel beban di dalam sebuah konfigurasi jembatan Wheatstone biasanya terdiri dari empat saring pengukur. Selain itu, adapun sel beban yang terdiri dari satu atau dua saring pengukur.

Sebelum alat ini bisa digunakan, output sinyal listrik biasanya ada dalam urutan beberapa mili volt serta membutuhkan penguatan dari Instrument  amplifier.

Output  yang ada pada transducer dicolokan ke sebuah algoritma untuk melakukan kalkulasi gaya yang diberikan pada transducer.

Ada berbagai tipe yang tersedia untuk transducer torsi diantaranya rotary, stationary (reaksi), dan inline yang digunakan untuk kalibrasi dan tujuan audit yang berbeda.

Tampilan Layar Digital

Komponen yang tidak kalah pentingnya yang ada pada sebuah alat ukur torsi khususnya alat ukur torsi modern ialah tampilan display digital.

Tampilan display atau layar digital memiliki fungsi yang digunakan dalam mengukur sinyal output dari transduser serta melakukan kalkulasi dari hasil pembacaan menjadi nilai torsi yang tampil pada layar. Singkatnya tampilan layar digital ini akan memunculkan angka hasil pengukuran uji torsi.

Umumnya dalam kasus tampilan display dan transduser menjadi satu pada satu wadah, ini dikenal dengan sebutan “Alat Ukur Torsi Desktop”

Dengan tampilan display portable atau analyzer torsi genggam, rotasi eksternal dan transduser stationary bisa digunakan.

Simulator Sambungan

Simulator sambungan adalah komponen yang digunakan dalam keberlangsungan proses kalibrasi untuk membantu perkakas listrik tes seperti obeng listrik, obeng DC, obeng angin dan lain-lainnya.

Simulator sambungan diletakan pada bagian atas transducer, lalu adapter bit dimasukkan kedalam perkakas listrik serta dipasangkan pada bagian atas simulator sambungan.

Simulator sambungan dapat melakukan replikasi sambungan secara lembut dengan menggunakan pegas dari jenis kekakuan dan tumpukan belleville yang berbeda, selain itu, simulator sambungan pun dapat menengah atau kasar.

Komponen ini sangat penting pada saat saat melakukan uji coba mengulangi bagaimana alat dapat digunakan atau dikerjakan pada proses aslinya.

Setidak ketiga komponen tersebut memiliki kegunaan yang sangat penting dalam melakukan uji coba pengukuran torsi.

Lalu sebetulnya bagaimana Konsep atau Prinsip Torsi dan Ukurnya?

Prinsip atau konsep torsi dalam hukum fisika disebut sebagai momen, yang mana ini diawali dari kerja Archimedes dalam lever.

Secara informal, torsi dapat dibayangkan sebagai gaya rotasional, yang mana analog rotasional torsi ialah dari beberapa cakupan mulai gaya, massa, dan percepatan. Ini pun disebut juga sebagai momen inersia dan percepatan angular.

Cara ukur torsi adalah dengan gaya yang bekerja pada level lalu dikalikan dengan jarak dari titik tengah lever, contohnya adalah gaya dari tiga newton yang bekerja pada sepanjang dua meter dari titik tengah mengeluarkan torsi sama dengan satu newton yang bekerja sepanjang enam meter dari titik tengah.

Inilah yang menandakan bahwasanya gaya dalam sudut pada sudut yang tepat kepada lever lurus.

Sederhananya seseorang dapat mendefinisikan konsep torsi sebagai perkalian silang antara gaya, momentum linear dan momentum sudut L, singkatnya:

T = rxF

r = vektor dari axis putaran ke titik dimana gaya bekerja

F = adalah vektor gaya.

Pentingnya Alat ukur Torsi Dalam Kehidupan 

Dalam kehidupan sehari-hari, torsi bisa kita temukan pada banyak hal. ini menandakan bahwa alat ukur torsi sangat penting bagi kehidupan dan segala bidang terutama bidang industri.

Sederhana saja, gerak torsi ini bisa ditemukan pada hal-hal kecil seperti membuka pintu engsel, membuka baut dengan kunci, membuka mur pada roda dengan kunci dan lainnya.

Umumnya alat torsi ini banyak digunakan pada bidang industri otomotif seperti mobil dalam melakukan perputaran mesin atau torsi pada kendaraan sepeda motor dan segala jenis kendaraan dan alat elektronik.

Distributor Alat Ukur Torsi

Tentunya Anda harus pandai-pandai dalam memilih alat ukur torsi, mulai dari pemeliharaan dan perawatan hingga kinerja dan keefektifitasan alat tersebut. Jika Anda membutuhkan alat ukur torsi untuk berbagai keperluan dan kebutuhan khususnya seperti yang telah disebutkan di atas baik untuk hal sederhana pada kehidupan maupun bidang industri, Anda bisa mendapatkannya di distributor alat ukur torsi yang terpercaya dan juga berkualitas.